Manhaj Salaf Di Maroko

Dikutip dari wikipedia kingdom of morocco atau kerajaan maroko (bahasa berber: ⵜⴰⴳⵍⴷⵉⵜ ⵏ ⵎⵓⵔⴰⴽⵓⵛ tageldit-n-murakusy ; bahasa arab: المملكة المغربية al-mamlakatu-l-maghribiya) al maghrib ejaan dalam bahasa arab, atau morocco ejaan english, atau maroko ejaan dalam bahasa kita  adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai yang sangat panjang di samudera atlantik. Secara geografis, memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Ia merupakan salah satu dari hanya tiga negara (dengan spanyol dan perancis) yang memiliki garis pantai di samudra atlantik dan juga di laut mediterania. Nama arab al-mamlakah al-maghribiyah (arab: المملكة المغربية, yang berarti "Kerajaan barat") dan al-maghrib (arab: المغرب, yang berarti "Barat") sering digunakan sebagai nama alternatif. Negara ini memiliki sejarah yang berbeda dengan negara-negara tetangganya. Dimana kebudayaannya merupakan campuran antara kebudayaan arab, eropa, dan berber.


Interior masjid di kota casablanca, morocco

Morocco adalah sebuah negara muslim paling ujung dunia paling barat sendiri yang letaknya di benua afrika ditepi laut samudera atlantik, berbatasan langsung dengan laut mediterania negara spanyol, dan berbatasan sebuah selat dengan negara portugal. Itulah kenapa maroko atau morocco ejaan arab nya adalah al maghrib karena negara ini adalah negara matahari terbenam, kalau yang kita tahu negara matahari terbit yakni jepang sedangkan morocco adalah negeri matahari terbenam. Penduduk morocco ada 3 etnis yakni arab, berber, yahudi dan sebagian kecil etnis lain. Untuk etnis yahudi dewasa ini sudah jarang ditemui, karena sejak berdiri negara israel di palestine sebagian besar 95% orang yahudi di morocco telah melakukan imigrasi besar besaran ke bumi syam yakni palestine. Jadi rumah kedua dari yahudi yang selain israel adalah morocco.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Morocco_-_Location_Map_(2013)_-_MAR_-_UNOCHA.svg


Di morocco bangunan masjid tidak ada kuba seperti di indonesia tapi tidak adanya kuba diganti dengan adanya menara, masjid - masjid di morocco lebih mirip masjid masjid di eropa. Bicara soal bangunan, bangunan rumah di morocco mirip kayak bangunan di negeri yunani atau portugal atau spanyol, kotak - kotak gitu, dan jendelanya ada terali besinya.

Model menara masjid di morocco


Model - model rumah di morocco semuanya seperti ini, kotak - kotak kayak model rumah di spanyol atau portugal, karena secara wilayah morocco lebih dekat dengan spanyol dan portugal, bahkan ke spanyol pun bisa jalan kaki melalui kota ceuta dan melilia (dua dari sekian kota milik negara spanyol). Jadi salah besar jika ada yang bilang morocco dekat dengan timur tengah, justru morocco jauh dari timur tengah. Secara historis morocco memang punya ikatan erat dengan spanyol dan portugal, yakni dizaman kekhalifahan bani umayyah, yang pada zaman itu spanyol masih bernama andalusia kordoba.

Model jendela rumah di Morocco

Pemukiman penduduk di Morocco


Dari morocco di kota tangier kita bisa melihat dengan mata kita sebuah jabal thoriq atau gunung thoriq atau nama internasionalnya gibraltar. Asal mula nama gibraltar adalah jabal thoriq nama gunung yang diambil dari seorang panglima perang muslim untuk penakhlukan spanyol zaman kekhalifahan bani umayyah yang bernama thoriq bin ziyad. Bagi yang pernah mempelajari sejarah islam kordoba pasti faham akan hal ini.

Panorama Jabal Thoriq di seberang laut 


Di morocco mahdzab nya maliki dan cara wudu mereka mengikuti sunnah yaitu menggunakan ember kecil, ember kecil selalu tersedia di masjid masjid, semua orang morocco kalau wudu airnya cuma sebanyak ember kecil itu, mungkin kira kira sekitar 1,5 liter air dan wudu mereka mengikuti sunnah, masyaallah, ketika mereka masuk kamar kecil atau buang air kecilpun, mereka mengikuti sunnah yakni jongkok, dimana pun berada jika menemui kamar mandi, pasti jongkok buang air kecilnya, karena di morocco kamar mandi atau kamar kecil gak ada bak airnya, cuma ada kran air dan kakus .



Di morocco shalat 5 waktu berjamaah masjid gak pernah sepi, masjid kecil masjid besar shaf nya selalu terisi penuh, sesepi sepinya minimal dua shaf, bahkan subuh, masyaallah, sebejat bejatnya orang sini masih faham sunnah dalam shalat jamaah seperti merapatkan shaf, meluruskan shaf, dan mengisi shaf yang kosong, dimana pun kotanya ketika disitu didirikan shalat jamaah selalu shaf nya rapat, gak peduli dia preman gak  peduli dia orang ahli ibadah selalu memperhatikan rapat nya shaf. Walaupun begitu ada juga sekitar 1% s/d 2% dari sekian banyak nya orang yang alergi kaki menempel kaki.


Di sini jarak antara adzan dan iqomat cukup lama bahkan hampir satu jam. Disini setiap masjid punya imam shalat tetap (permanen) biasanya di setiap masjid ada dua atau tiga imam sekaligus merangkap sebagai takmir masjid, dan semua imam harus wajib hafidz quran 30 juz.
Di morocco masuk masjid sandal gak boleh ditinggal di luar masjid jadi harus dibawa masuk kedalam masjid (uda disediakan kantong sandal).

Orang morocco faham tentang keutamaan shaf depan, sampai ada yang sedikit bertikai gara² berebut shaf depan, bahkan ½ jam sebelum adzan shaf depan udah penuh, itu pun untuk masjid perkotaan seperti masjid agung, bicara soal shaf² shalat, masjid yang besar seukuran masjid agung shafnya selalu penuh melebihi 3 shaf untuk shalat 5 waktu termasuk shalat subuh.
Bicara shalat subuh di morocco shalat subuh rata - rata untuk masjid seukuran masjid agung paling sedikit adalah 2 shaf. Orang morocco faham dengan sunnah shalat tahiyatal masjid tiap kali masuk yang namanya masjid mereka shalat 2 rakaat, begitu pun soal sutro, ketika shalat sendirian mereka juga menggunakan sutro perkiraan berdasarkan yang ana lihat penduduk morocco kira kira 75 % masyarakatnya nyunnah, yang lain sama seperti di indonesia ada ahlul bid'ah, kuburiyyun, sufi, khowarij, ada pula yang islamnya cuma ktp,  dilihat secara fisik mereka itu arab rasa eropa karena dari wajah, rambut, dan matanya mereka mirip orang latin seperti spanyol, argentina dsb. Tak jarang menemui seseorang yang bermata biru, coklat, abu².

Hari jumat, sebelum adzan jumat jarang di morocco mendapati masjid masih kosong, karena sebelum adzan masjid sudah penuh orang, bahkan kadang meluber ke jalan. Sebelum adzan shalat jumat di mulai di morocco punya kebiasaan baca surat al kahfi yang dibaca bareng - bareng sambil menunggu adzan, di morocco adzan shalat jumat sebanyak 3 kali, dan setelah nya sama dg yg ada di indonesia yakni khutbah dan khotib memimpin shalat.  Didepan masjid setiap shalat jumat kadang bisa kita temukan 2 atau tiga wanita - wanita yang bermata biru abu abu jual tisu, yakni pengungsi dari suriah/syria kebanyakan wanita dan anak-anak.

Di morocco setiap hari jumat seusai sholat jumat, kebiasaan orang morocco makan siang dengan makanan khas mereka yakni kuskus, salah satu makanan khas morocco, yaitu kuskus , terbuat dari : daging, tepung gandum, wortel, labu, cabai, kacang kacangan, mentimun dll. Makanan ini cuma tersedia saat hari jumat saja, dan hari hari raya islam seperti aid fitr, aid adha. Untuk makanan khas lain yakni namanya tajin, tajin ini tergantung menu tajin apa, ada tajin daging, ada tajin ayam, tajin ini isinya buanyak sayurannya, salah satu nya adalah buah zaitun, dan tajin ini identik dengan kuah walau pun kuahnya tidak sebanyak seperti kuah masakan indonesia, terus makannya dengan roti, cara makannya rotinya dicuil sedikit terus celup kan di kuah tajinnya begitu seterusnya sampe habis, dan ini biasanya di makan bareng bareng membentuk halaqah, ini kebiaasaan mereka ketika makan, mereka selalu tidak pernah meninggalkan makan bareng membentuk halaqah, karena rata rata memang kehidupan orang orang arab kultur dan budaya mereka kebanyakan dari sunnah. Masyaallah.

Bawang di morocco besar besar, sebesar kepalan tangannya orang arab, dan harga nya 6 dirham 3 kg, atau perkilo nya 2 dirham, kadang bisa cuma 1 dirham perkilo, sedangkan 1 dirham sama dengan 1,300 rupiah. Masyaallah.

Disini buah buahan mengikuti musim, contohnya seperti buah semangka yang besarnya dua kali lipatnya semangka di indonesia, disini buah semangka hanya ada di musim panas yakni bulan mei s/d oktober, di morocco musimnya mengikuti musim eropa barat, yakni ada 4 empat musim seperti musim semi, musim panas, musim gugur,  musim dingin (salju). Di morocco juga punya buah yang cuma tumbuh di bumi syam yakni buah tin dan buah zaitun, ada yang tahu buah tin dan zaitun ? Buah yang allah firmankan didalam alquran, masyaallah, gak nyangka buah tin itu rasanya empuk di mulut dan lembut sekali ketika dikunyah lagi muanis seperti madu. Masyaallah.

Sirwal, bicara soal sirwal, di morocco berbeda dengan di indonesia, celana sirwal disini bentuknya seperti celana sirwal timur tengah pada umumnya, memang bentuknya demikian, mirip celana di film omar series atau film aladin atau film sindbad, sirwal di zamannya rasulullah dan di zaman tabiin serta tabiut tabiin itu sirwal yang mirip di film omar series atau film aladin atau film sindbad, dan film film timur tengah lainnya. Yang pernah nonton film kartun aladdin dan sindbad pasti tau bentuk celananya dan celananya memang bentuknya cingkrang khas dengan sandal terompah arab nya, jadi kalau orang pakai celana itu, udah pasti orang gak akan komen "Celana mu kok cingkrang" ... Udah pasti komen nya lain "Celanamu kayak celananya orang timur tengah bro" atau komen kayak gini "Celanamu kayak celananya di film aladdin bro" ....Berbeda dengan celana kain biasa yang dipotong, yang akhirnya menuai banyak komen negatif dari orang jahil / awam dan dari pembenci sunnah karena dianggap diluar kebiasaan celana pada umumnya. Zaman sekarang sebutan sirwal ala sunnah udah bergeser kepada celana kolor seperempat, apakah celana sirwal zaman rasulullah seperti sirwal yang model celana kolor saat ini ?? Jawabannya tidak. Kalau celana kolor itu mah dari dulu memang sudah ada di indonesia bahkan sebelum booming dengan sebutan sirwal dikalangan jamaah salafiyyun. Zaman sekarang celana kolor namanya dirubah jadi celana sirwal, padahal bukan sirwal. Dulu kalau gak salah celana kolor itu disebut celana seperempat atau celana skater. Cmiiw
Seharusnya celana kain biasa yang dipotong jadi cingkrang sebutannya tetap celana biasa tapi cingkrang. Seharusnya celana kolor seperempat ya tetap disebut celana kolor seperempat jangan di sirwal sirwalkan dan jangan disebut sirwal. Tapi kalau antum keukeuh itu sirwal ya tafadol, seharusnya celana sirwal tetaplah sirwal dan disebut dengan sirwal tapi dewasa ini malah celana yang seharusnya disebut sirwal malah bukan disebut sirwal melainkan disebut celana aladin atau celana harem. Sirwal berasal dari kata ( شروال ) celana sirwal adalah sepasang celana panjang yang longgar yang biasanya dipakai oleh orang - orang syams (sekarang suriah, yordania, lebanon palestina). Modelnya longgar lebar tetapi sempit dan mengecil di area pergelangan kaki dan bagian pinggang di ikat dengan tali. Coba baca pengertiannya di 👇
Https://ar.Wikipedia.Org/wiki/%d8%b4%d8%b1%d9%88%d8%a7%d9%84

Morocco punya baju gamis khas yakni jelabah, jelabah adalah gabungan gamis dan jaket yang ada hood nya, karena di morocco setiap musim dingin mereka memakai jelabah. Dan yang melopori gamis yang ada hoodnya adalah jelabah morocco loh, jadi jangan salah, ketika antum di indonesia menemui ada seseorang yang memakai gamis yang ada penutup kepalanya maka itu dia nyontek style jelabah morocco.

Bicara soal plus (+) minus (-) selain ada plusnya (+) negara ini juga ada sisi minusnya (-) seperti tentang soal hukum di negara ini, di morocco meski di pemerintahannya sistem monarki seperti di saudi, di morocco tidak berhukum dengan hukum allah (alquran + hadis). Dikota kota besar di negara ini yang muda yang tua ada yang suka mabok, judi, bahkan yang lebih dari itu yakni perzinahan dan narkotik. Yah samalah kayak negara - negara lain ada orang yang shalih dan ada pula yang tidak baik. Wanita² di morocco sama kayak di indonesia ada yang berhijab (nutup aurat) ada pula yang bercadar/berniqab/burdah, bahkan ada pula yang kebarat baratan yakni mengikuti gayanya orang barat dalam berpakaian, audzubillah.

Kaum laki - laki yang nyunnah memanjangkan jenggotnya dan bercelana cingkrang. Bicara soal sunnah jadi teringat ramadhan di morocco, ramadhan di morocco tiap masjid berbeda beda hitungan terawihnya, ada yang 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir, tetapi di tambah 8 rakaat shalat tahajjud berjamaah di masjid dan sedangkan di daerah kota lain ada yang sebanyak 22 rakaat, di semua shalat terawih imam - imam masjid mereka membaca 30 juz full selama ramadhan.

Komentar